Kecelakaan lalulintas pada awal tahun ini sangat memperihatinkan.
Yang pertama kecelakaan lalu lintas laut yang menimpa kapal laut
Senopati Nusantara, yang kedua kecelakaan Pesawat Adam Air.
Yang pertama kecelakaan lalu lintas laut yang menimpa kapal laut
Senopati Nusantara, yang kedua kecelakaan Pesawat Adam Air.
Keduanya diduga terjadi pada waktu yang berdekatan di
kawasan yang sama berdekatan juga di laut Utara Jawa,
dan yang satu di seputar Masalembo.
kawasan yang sama berdekatan juga di laut Utara Jawa,
dan yang satu di seputar Masalembo.
Duapuluh enam tahun yang lalu KM Tampomas II terbakar
di laut dan karam pada tanggal 27 Januari 1981. Ah
kenapa pada bulan-bulan yang sama ya ? memang bulan-bulan
ini merupakan bulan-bulan puncak perubahan musim
seantero Indonesia yang kepulauannya berada di sekitar
katulistiwa.
di laut dan karam pada tanggal 27 Januari 1981. Ah
kenapa pada bulan-bulan yang sama ya ? memang bulan-bulan
ini merupakan bulan-bulan puncak perubahan musim
seantero Indonesia yang kepulauannya berada di sekitar
katulistiwa.
Tetapi kenapa kejadian kecelakaan ini di lokasi yang kira-kira
sama ?
sama ?
Pulau Masalembo sebenarnya sebuah pulau kecil yang berada di
ujung Paparan Sunda (hayo masih ingat Paparan Sunda dan
Paparan Sahul nggak ?, ini pelajaran SD dulu kan ?).
Pulau-pulau kecil ini berada di daerah "pertigaan" laut yaitu
laut jawa yang berarah barat timur dan selat Makassar
yang memotong berarah utara-selatan.
ujung Paparan Sunda (hayo masih ingat Paparan Sunda dan
Paparan Sahul nggak ?, ini pelajaran SD dulu kan ?).
Pulau-pulau kecil ini berada di daerah "pertigaan" laut yaitu
laut jawa yang berarah barat timur dan selat Makassar
yang memotong berarah utara-selatan.
Pola kedalaman laut di Segitiga Masalembo ini sangat
jelas menunjukkan bentuk segitiga yang nyaris
sempurna berupa segitiga sama sisi. Lihat gambar diatas.
jelas menunjukkan bentuk segitiga yang nyaris
sempurna berupa segitiga sama sisi. Lihat gambar diatas.
Pada peta kedalaman laut atau peta bathymetri diatas
dapat dilihat adanya bentuk kepulauan yang berbentuk segitiga.
Tinggian yang terdiri beberapa pulau-pulau ini saya sebut
sebagai "SEGITIGA MASALEMBO" atau
"THE MASALEMBO TRIANGLE".
dapat dilihat adanya bentuk kepulauan yang berbentuk segitiga.
Tinggian yang terdiri beberapa pulau-pulau ini saya sebut
sebagai "SEGITIGA MASALEMBO" atau
"THE MASALEMBO TRIANGLE".
Nah, ada apa saja di daerah seputaran Segitiga Masalembo ini.
Coba kita buka-buka dikit-dikit ya. Tapi jangan mengharap
banyak dari sisi mistisnya, akan lebih banyak saya urai sisi
kebumian dan kelautannya saja
Coba kita buka-buka dikit-dikit ya. Tapi jangan mengharap
banyak dari sisi mistisnya, akan lebih banyak saya urai sisi
kebumian dan kelautannya saja
Indonesian Throughflow (ARLINDO), indicate the
relationship between the relationship between ARLINDO
and El-Nino Southern Oscillation (ENSO)
(Source, Gordon, A., 1998)
relationship between the relationship between ARLINDO
and El-Nino Southern Oscillation (ENSO)
(Source, Gordon, A., 1998)
Di atas ini digambarkan arus laut di Indonesia, terutama
Indonesia Timur. Coba perhatikan arus yang melewati
Segitiga Masalembo ini. Pada bagian atas (garis hijau) men-
unjukkan air laut mengalir dari barat memanjang di Laut Jawa,
berupa monsoonal stream atau arus musiman. Arus ini sangat
dipengaruhi oleh cuaca dan musim. Sedangkan dari Selat
Makassar adaarus lain dari utara yang merupakan thermoklin,
atau aliran airlaut akibat perbedaan suhu lautan.
Indonesia Timur. Coba perhatikan arus yang melewati
Segitiga Masalembo ini. Pada bagian atas (garis hijau) men-
unjukkan air laut mengalir dari barat memanjang di Laut Jawa,
berupa monsoonal stream atau arus musiman. Arus ini sangat
dipengaruhi oleh cuaca dan musim. Sedangkan dari Selat
Makassar adaarus lain dari utara yang merupakan thermoklin,
atau aliran airlaut akibat perbedaan suhu lautan.
Kedua arus ini bertemu di sekitar Segitiga Masalembo.
Yah, tentusaja arus ini akan sangat mempengaruhi pelayaran
laut disini. Arus musiman ini sangat dipengaruhi juga oleh
suhu air laut akibat pemanasan matahari tentusaja. Kalau
anda masih inget bahwa lintasan matahari itu bergerak
bergeser ke-utara-selatan dengan siklus tahunan. Itulah sebabnya
pada bulan-bulan Januari yang merupakan saat perubahan arus
musiman (monsoon).
laut disini. Arus musiman ini sangat dipengaruhi juga oleh
suhu air laut akibat pemanasan matahari tentusaja. Kalau
anda masih inget bahwa lintasan matahari itu bergerak
bergeser ke-utara-selatan dengan siklus tahunan. Itulah sebabnya
pada bulan-bulan Januari yang merupakan saat perubahan arus
musiman (monsoon).
Apa menariknya dari ARLINDO ini ? Arus ini membawa air laut
dingin dari Samodra Pasifik ke Samodera Indonesia diduga
dengan debit hingga 15 juta meterkubik perdetik !!! Dan
hampir keseluruhannya melalui Selat Makassar !
dingin dari Samodra Pasifik ke Samodera Indonesia diduga
dengan debit hingga 15 juta meterkubik perdetik !!! Dan
hampir keseluruhannya melalui Selat Makassar !
Tentunya aliran air sebesar ini bukan sekedar aliran air saja.
Banyak aspek lain yang ikut mengalir dengan aliran air
sebanyak itu, misalnya akan terdapat pula aliran ikan-ikan
laut, aliran sedimen laut, juga aliran temperatur air. Apa saja
efek aliran ini dengan proses kelautannya sendiri ? Wah tentunya
banyak sekali
Banyak aspek lain yang ikut mengalir dengan aliran air
sebanyak itu, misalnya akan terdapat pula aliran ikan-ikan
laut, aliran sedimen laut, juga aliran temperatur air. Apa saja
efek aliran ini dengan proses kelautannya sendiri ? Wah tentunya
banyak sekali
Kalau digambarkan secara mudah barangkali profil selat
makassar dapat dilihat seperti dibawah ini.
makassar dapat dilihat seperti dibawah ini.
No comments:
Post a Comment